Monday 14 February 2011

Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot

Bila anda menggunakan koneksi internet mobile broadband, tentu akan merasa puas bila mendapatkan layanan yang sesuai dengan promosi provider. Tetapi bila layanan yang anda dapatkan tidak sesuai dengan gembar gembor promonya, rasa dongkol pasti akan membara di dada. Jangan terburu nafsu melampiaskan emosi ke provider, adalah bijaksana bila anda membaca kembali TOS yang dikeluarkan provider. Nah, yang jadi masalah sebagian besar pengguna layanan provider tidak memperhatikan atau malah belum pernah sama sekali membaca TOS provider layanan. Saya kutipkan TOS dari dua provider besar nasional :

” Kecepatan akses maksimal Paket Internet Unlimited dapat berubah-ubah bergantung pada cakupan jaringan di lokasi Pelanggan melakukan akses internet dan/atau waktu penggunaan layanan akses internet dan/atau kondisi geografis dan/atau jenis perangkat yang digunakan dan/atau banyaknya pengguna jaringan dan tipe serta besaran jumlah data yang sedang diakses pada waktu tertentu “ provider cdma

  1. Ixx menyarankan agar Pelanggan menghindari aktivitas koneksi di lokasi dengan traffic yang tinggi, untuk menghindari kendala yang mungkin terjadi.
  2. Berikut adalah beberapa kendala yang akan dialami pelanggan broadband IndosatM2 di area High Traffic Zone:
    • Kesulitan koneksi walau kualitas signal yang di terima baik.
    • Dapat melakukan koneksi dengan penerimaan signal yang baik, namun tidak dapat melakukan aktivitas internet, seperti browsing, chatting, download.
    • Penurunan kecepatan koneksi / low throughput.
  3. Pelanggan menyadari bahwa jasa broadband internetxx menggunakan prinsip sharing sumber daya jaringan, sehingga kualitas, performansi kecepatan, serta ketersediaan koneksivitas sangat tergantung pada kepadatan traffic, kemampuan perangkat yang dipergunakan, dan lokasi pelanggan
  4. Dengan membaca Surat Pernyataan ini Pelanggan telah dianggap mengetahui area yang termasuk daerah High Traffic Zone berikut konsekuensi yang terjadi apabila tet
  5. High Traffic Zone adalah lokasi favorit pelanggan broadband Indxxxxx dalam melakukan aktivitas internet. Pada lokasi-lokasi High Traffic Zone, aktivitas internet cenderung sangat tinggi, sehingga pada periode waktu tertentu menyebabkan koneksi di lokasi-lokasi tersebut mengalami penurunan kualitas signal.
  6. ap mempergunakan layanan broadband Ixx pada area High Traffic Zone . provider gsm

Setelah kita telaah artikel diatas, mau tidak mau kita harus menerima TOS diatas. Artinya kita harus pintar mencari dan menerapkan siasat untuk selalu mendapatkan koneksi maksimal.

Tidak perlu panjang dikali lebar, sesuai judul artikel diatas, bagaimana Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot . Saya akan mengantarkan anda untuk melihat dari sisi user, apakah perangkat anda sudah benar benar siap untuk mendapatkan koneksi maksimal. Salah satu parameter yang paling krusial adalah kondisi sinyal. Bagaimana kondisi sinyal modem anda saat ini? … full bar pak dhe, tapi bengong ngga bisa connect … wah, punya saya fakir sinyal gan, padahal masih di lokasi coverage lho … itu adalah problem yang sering dijumpai pengguna internet mobile broadband.

Saran saya, silahkan pergunakan tambahan perangkat modem, yaitu antena penguat sinyal modem. Anda bisa memilih type out door atau in door, sesuaikan dengan kondisi. Mengapa kok menggunakan antena sich cak? kok ngga pindah kontrakan yang dekat sama BTS saja? he he he … ngga salah saran anda, boleh kok … itu sebagai alternatif terakhir.

Fungsi Antena Penguat Sinyal Modem

Pada prinsipnya, perangkat kita harus face to face dengan BTS provider untuk mendapatkan koneksi maksimal. Masalahnya apakah kita akan menjemur modem diatas genteng, terus nanti kalau mau mobiling diturunkan dulu dari singgasana. Boleh, tidak ada yang melarang ( resiko ditanggung penumpang gan .. ). Kalau anda berpikir itu tidak efektif dan ribet, memang betul.

So, antena berperan untuk memfasilitasi modem face to face dengan BTS provider, artinya pancaran sinyal transmit dan receive lebih terfokus. Kalau sudah fokus tentunya secara tekhnikal koneksi kita akan lebih maksimal dibanding tanpa menggunakan antena.

No comments:

Post a Comment