Monday 14 February 2011

Install Printer di Ubuntu

Dikarenakan banyaknya urusan dan kesibukan, maka postingan ini agak molor dari yang saya perkirakan. Memasuki hari ke tiga petualangan saya dengan Ubuntu, saya sudah mencoba untuk melakukan instalasi printer dan mencoba untuk mendokumentasikannya namun baru sempat untuk posting hari ini.

Jika kemarin saya sudah mencoba untuk belajar OpenOffice maka kali ini saya akan mencoba untuk menginstal printer untuk keperluan mencetak dokumen yang sudah saya tulis dengan Openoffice tersebut.

Saya mempunyai satu printer yang sudah cukup berumur yaitu Canon BJC-2100SP. Ini adalah printer tua peninggalan Pangeran Diponegoro :-P walaupun cukup tua, namun saya sudah terlanjur jatuh hati pada printer ini. Alasan kecintaan saya hanya satu yaitu kemudahan untuk melakukan isi ulang tintanya :-P

Saya tidak begitu paham mengenai kompatibilitas printer saya di Ubuntu, jadu ini adalah cara coba-coba saja dan kalau berhasil ya syukur dan kalau tidak berhasil ya tidak syukur :-P

Petama-tama kita siapkan printer terlebih dahulu dan lalu kita hubungkan printer dengan komputer. Seperti yang saya informasikan di atas, saya menggunakan printer Canon BJC-2100SP dan menggunakan kabel printer usb untuk menghubungkan printer dengan komputer.

Pertama-tama kita hubungkan printer dengan komputer dan kemudian power printer kita nyalakan. Lalu kita buka menu printer melalui System > Administration > Printing
Kita akan mendapati menu berikut

[Image]

Seperti halnya di Jendela, kita bisa melakukan instalasi printer melalui New Printer. Setelah kita memilih New Printer Ubuntu akan secara otomatis mencari printer dan mencocokannya dengan database yang dimiliki oleh Ubuntu.

[Image]

Di komputer saya, proses ini tidak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 30 detik dan kemudian muncul menu langkah-langkah instalasi printer yang terdiri dari 3 langkah.

[Image]

Pada langkah pertama yaitu Printer Connection, Ubuntu mengenali printer saya sebagai printer lokal yang bernama Canon BJC-2100 (Canon BJC-2100 USB #1). Dari menu ini, saya lalu klik forward untuk menuju menu selanjutnya.

[Image]

Pada langkah kedua yaitu Printer Driver, terdapat pilihan pabrik, model dan driver dari printer saya yang sudah terdeteksi tersebut. Dalam hal ini pabrikannya adalah Canon, modelnya adalah BJC-2100 dan drivernya adalah bjc600. Kalau anda bertanya kenapa drivernya bjc600, saya tidak tahu :-P

[Image]

Setelah langkah kedua kita forward, maka kita akan sampai pada langkah ketiga yaitu Printer Information. Pada langkah ini saya tidak mengisikan apa-apa dan langsung saja memilih Apply.

[Image]

Setelah memilih Apply, menu langkah-langkah instalasi printer akan menghilang dan digantikan dengan menu Printers dengan printer yang baru yang telah terinstall.

Sampai disini langkah-langkah untuk melakukan instalasi printer berjalan dengan sukses. Tapi perlu diuji apakah printer yang sudah saya install tersebut dapat berjalan dengan baik.

[Image]

Saya kemudian mencoba untuk mencetak dan berjalan dengan baik walau hasil cetakannya kalau menurut saya belum sebagus kalau menggunakan Jendela dan Office.

Karena keperluan kerja sudah tercukupi, postingan selanjutnya akan saya coba untuk hiburan alias multimedia.

No comments:

Post a Comment